Ngobrol Santai Perkembangan Cerita DC Rebirth

DC Rebirth telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun, beberapa petunjuk tentang siapa dalang dibalik lahirnya New 52 pun sudah disebar semenjak event Rebirth ini dimulai.

DC Rebirth

Event Komik DC yaitu The Button telah berakhir kemarin pada komik Flash di volume ke 22nya, disana terdapat beberapa petunjuk mengenai pin Comedian yang telah menghantui selama event DC Rebirth dimulai, selain itu pula di salah satu penghujung panel diperlihatkan sosok Bruce Wayne yang ragu melanjutkan aktifitasnya sebagai Batman.

Bats Don't

Satu pesan terakhir dari ayahnya di versi Flashpoint telah menanamkan keraguan pada Bruce Wayne, dia diminta untuk berhenti menjadi Batman dan mencari kebahagian lain serta membesarkan anaknya dengan baik yang merupakan hal yang tidak dapat dilakukan oleh ayahnya Thomas.

stop being batman

Hal itupun berdampak cukup kuat bagi Bruce, karena di event sebelumnya “I Am Bane” Damian anaknya sendiri digantung bersama Dick dan Jason Todd dengan kondisi mengenaskan sekarat hampir mati oleh Bane, belum lagi Tim Drake salah satu Robin juga “mati” di salah satu event di Detective Comic. Hal itu cukup menjadi pukulan telak bagi Bruce yang membuat dia kembali berpikir akan resolusinya sebagai Batman.

i am bane

Masalahnya penjahat-penjahat gila yang dilawan Bruce beberapa sudah mengetahui akan identitas rahasianya atau minimal markas rahasianya yaitu Batcave, seperti Riddler, Hush, Bane, bahkan musuh bebuyutannya yang super gila yaitu Joker pun tahu akan identitas rahasianya. Apalagi Riddler dan Joker akan kembali muncul di event mendatang Batman yaitu Joker Vs. Riddle.

Tetapi, ditakutkan kalau benih keraguan ini ditanamkan secara sengaja oleh siapapun dibalik dalang penciptaan New 52. Karena, hampir tidak ada alasan dunia Flashpoint dibiarkan ada lalu hancur ketika Batman dan Flash mengunjunginya kesana. Bruce terlihat tidak berprasangka pada hal itu dan Tim Drake yang biasa membantu karena cukup pintar dengan tingkat penalaranan detektif yang cukup tinggi dibuat “mati”.

Anggota Legion of Superheroes dan Justice Society of America pun dibuat mengingat akan masa lalu mereka sebelum New 52, dan mulai seperti digerakan untuk mencari rekan-rekannya walau dalang dibalik terciptanya New 52 seperti menahan mereka dengan membuat mereka seperti orang gila.

Apalagi anggota penting seperti Jay Garrick dibuat menghilang layaknya Wally West diawal cerita DC Rebirth, dimana dia hanya bisa kembali kalau ada orang yang mengingatnya. Barry bahkan dibuat lupa akan sosok mentornya itu sendiri, tanpa dibuat ingat walau sudah diberitahukan informasi mengenai dirinya.

Jay No!!!!

Padahal cover bagian akhir The Button sudah seperti membuat fans lega akan kembalinya Jay Garrick orisinil sebelum Flashpoint terjadi, apalagi beberapa easter egg dari ingatan Barry yang seperti mengetahui sesuatu tentang helm Mercury yang dipakai Jay Garrick. Tetapi sayangnya ternyata Jay Garrick tidak kembali secepat itu.

the button part 4

Bukan hanya sosok pahlawan saja dibuat hilang oleh dalang dibalik New 52, beberapa penjahat pun ada yang menghilang dan akhirnya kembali seperti Abra Kadabra, Shade, dan juga Mr. Mxyzptlk.

Pada penghujung panel bagian akhir The Button juga terlihat bagaimana pin komedian serta tetesan darahnya mewujud menjadi logo Superman, dimana kemungkinan fokus cerita menjadi beralih dari Watchmen ke Superman, karena kata-kata Dr. Manhattan pada panel sebelumnya seperti menyiratkan suatu sosok lain yang mengontrol kejadian New 52 entah dari mana. lalu sebuah event baru di umumkan di akhir panel.

Superman sendiri sudah menjadi sosok aneh di DC New 52, pasalnya di penghujung volume New 52 sebelum DC Rebirth dimunculkanlah Superman sebelum New 52 terjadi yang datang saat event Convergence berlangung. Lalu Superman New 52 diceritakan mati dan digantikan oleh Superman yang sudah berkeluarga dengan Lois dan memiliki anak yang sebelumnya datang setelah event Convergence.

Lalu keanehan mulai terjadi saat Mr. Mxyzptlk kembali muncul dengan menggunakan identitas Clark Kent menghapus ingatan Superman dan Lois versi sebelum New 52, membuatnya lupa akan sosok John anak mereka.

Akan tetapi, diakhir cerita Superman versi New 52 dan sebelumnya menyatu menjadi satu kesatuan dengan mendapatkan latar belakang karakter keduanya, ditambah efek cerita ala-ala Superman Red dan Superman Blue dari cerita di zaman dahulu.

red and blue

Beberapa pertanyaan besar pun masih belum kejawab juga, kaya siapa sih sosok Mr. Oz ? Apa benar dia Ozymandias atau mungkin dia Lex Luthor versi sebelu New 52 ? lalu, siapakah sebenarnya dalang dibalik event DC Rebirth ? mungkin semuanya akan terjawab di event Doomsday Clock nanti atau malah membuat munculnya pertanyaan lain.

Doomsday Clock

Sekian dulu sepertinya blog kali ini, sampai ketemu di tulisan blog selanjutnya XDb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s