Ngobrol Santai DC “The Button”

2 judul komik besar DC sedang mengalami cross-over event yaitu Batman dan Flash pada volume 21 dan 22 pada masing-masing judul. Mengungkap salah satu rahasia besar yang menghantui DC Universe yaitu pin milik Comedian, salah satu anggota Watchmen yang tiba-tiba muncul di batcave saat event DC Rebirth terjadi beberapa waktu lalu.

the button

Gue punya hobi membaca, entah itu komik atau novel. Beberapa tahun belakangan gue hobi ngebaca buku komik Jepang secara online yang nampilin tidak berhalaman-halaman dengan tombol next di tiap gambarnya tapi lebih senang yang one page untuk tiap chapternya. Begitu pun komik Amerika.

Tapi disayangkan, karena license komik Amerika yang cukup strict jadi web-web yang memberi bacaan online komik gratis banyak yang berumur pendek dan ditutup. Wajar sebenarnya sih karena hal tersebut termasuk pembajakan. Tapi, gue nemu juga yang sistemnya menampilkan satu issue dalam satu page yang hidup halaman webnya cukup lama bahkan sampai sekarang.

Walau dapat keleluasaan membaca semua buku yang dibaca entah dari DC ataupun Marvel gue gak baca semua judul, cuma beberapa judul favorit di waktu luang seperti Flash, Batman, Detective Comic, Action Comic, Superman, Teen Titans, dan Titans saja. Tapi yang dibaca duluan biasanya Flash, karena karakter favorit tapi sayang agak gak suka sama artwork komiknya Flash tapi yah gak bisa kritik juga orang bacanya juga versi bajakan, hahahaha….

Pada issue 19 dari komik Flash , Reverse-Flash muncul kembali di akhir halaman secara mengejutkan lengkap dengan kostum lamanya sebelum New 52 dan ingat akan kematiannya ditangan Batman versi Thomas Wayne saat event Flashpoint dulu berlangsung, dia ingin membalas dendam ke Thomas Wayne dengan memberi “pelajaran” ke anaknya, Bruce.

reverse flash back

Cerita Batman di issue ke 21nya dimulai dengan salah satu anggota Legion of Superheroes di sebuah RSJ meracau tentang kejadian yang akan terjadi. Sebenernya easter egg dari Legion of Superheroes udah ada saat DC Rebirth dimulai tapi anehnya belum ada lagi cerita yang nyentuh masalah itu super tim, kayaknya sih itu juga soalnya gak ngikutin semua cerita DC juga XD kecuali ada event penting baru marathon ngikutin.

Setelah itu  kita diperlihatkan Batman ternyata pakai Batcomputer di Batcavenya untuk nonton pertandingan hoki juga sambil mainin pin Comedian ditangannya bahkan, walau nanti dimatikan karena berujung rusuh pertandingan hokinya sesuai dengan yang dikatakan salah satu anggota Legion di halaman sebelumnya.

Yang menarik adalah ketika Batman ngelempar pin Comedian ke topeng Psycho Pirate yang dia dapet dari event I am Bane di Issue sebelumnya terjadi percikan listrik yang akhirnya mengeluarkan petir Speedforce, yang bukan hanya menerjang Batman hingga dia tersungkur tapi juga ngebuat dia ketemu sama Batman versi bapaknya yang muncul di Flashpoint.

Psycho Pirate sebenarnya tokoh penting saat event klasik Crisis of Infinite Earth dulu berlangsung, namun di New 52 dia hanya diperlihatkan sebagai salah satu rekan Bane yang membuat obat-obatan terlarang.

i was your father

Tapi, Bruce alias Batman langsung apes setelah ketemu bapaknya dia malah langsung disatronin sama Reverse-Flash yang udah pengen bales dendam dari Issue 19 Flash. Dihajarlah Batman sampai babak belur, namun Batman yang selalu bisa beradaptasi dalam situasi apapun benar saja bisa sedikit melawan Reverse-Flash untuk mengulur waktu sampai Flash muncul. Memang luar biasa Batman.

Penggambaran 9 panel pada 1 halaman di komik Batman issue ke 21  mengingatkan komik Watchmen yang juga memakai 9 panel pada 1 halaman, jadi mungkin itu easter egg dari komik tersebut juga. lLatar belakang kuningnya juga sih termasuk.

9 panel

Batman yang sudah mengulur waktu sekuat tenaga dikecawakan sama Flash yang datang telat. Tapi, disitu terlihat kesalahan terbesar Reverse-Flash rasa penasarannya yang membuat megang pin Comedian ngebuat dia semacam kena batunya.

Seketika setelah dia megang pin Comedian cahaya biru ala-ala Dr. Manhattan muncul ngebuat dia hilang beberapa panel, hingga dimunculkan kembali dengan kondisi mengenaskan sambil berkata “I…Saw… God…”

Issue tersebut ditutup oleh Flash yang kaget melihat Batman yang babak belur bersebelahan dengan Reverse-Flash dengan badan yang sudah hancur mengenaskan kebingungan. Salah dia sih kenapa telat padahal punya kecepatan super ckckckc…

Komik Batman di issue ini tersusun rapi dengan adegan-adegan yang bikin penasaran dan meneliti tiap panelnya supaya gak ada yang ketinggalan dan ngebuat tiap halamannya bikin pembaca pengen buka halaman selanjutnya terus bahkan ketika habis pun bikin pengen liat buru-buru lanjutannya juga~

i saw god

Ceritanya langsung berlanjut ke Flash dengan nomor Issue yang sama, cukup senang sama salah satu varian covernya yang menunjukan Flash dan Batman direfleksikan diatas kubangan darah dengan Batman versi Thomas Wayne dan Reverse-Flash.

Banyak easter egg di issue ini terutama perihal Justice Society of America mulai dari Johnny Thunder yang masih di RSJ manggil-manggil petirnya dan helm Flash pertama yaitu Jay Garrick. Flash disini masih belum ingat pemilik helm itu, dan masih samar-samar sama ingatan sebelum New 52,. Semoga benar muncul itu karakter-karakter klasik sih soalnya seru juga sepertinya asal tidak membuat cerita kacau mah.

reflection cover 21

Di issue ini juga diperlihatkan kedekatan dari Bruce Wayne dan Barry Allen yang ternyata suka ngobrol masalah forensik sama kasus bareng lewat kotak dialog Barry. Tapi, walau sedekat apapun mereka Barry tetap menyebunyikan kenyataan kalau dia merasakan energi speedforce miliknya diarea tubuh Eobard Thawne yang hancur, dia takut kalau Thawne ternyata dibunuh olehnya yang entah berasal dari waktu mana.

Barry juga menjelaskan dalam kotak dialognya perbedaan speedforce biasa dengan negative speedforce yang dimiliki Thawne, salah satunya tentang perjalanan waktu dimana pengguna negative speedforce bisa leluasa lari menembus waktu sedangkan spedster dengan speedforce biasa memerlukan cosmic threadmill untuk melakukannya hal itu untuk menstabilkan kekuatannya supaya gak ngerobek waktu kaya kejadian flashpoint.

Pergilah Barry ninggalin Bruce yang terluka buat nyelidikin sendiri kejadian sesungguhnya apa yang terjadi di batcave ketika itu, dengan memakai cosmic threadmill di Watchtower Justice League. Tapi sebelum Barry pakai, kebiasaan Batman memang suka ngagetin muncul tiba-tiba, dia beneran muncul dan bilang mau ikut nyelidikin juga. Ikutlah Batman boncengan di Cosmic Threadmill dengan ngaitin Batclawnya di salah satu pegangan Cosmic Threadmill.

Disini gue pertama kali baru tahu kalau Cosmic Threadmill bisa dipakai buat bawa orang lain asal dia pegangan ke Cosmic Threadmillnya, kalau Batman ngaitin sih XD

Saat berjalan menelusuri aliran waktu, diperlihatkan kejadian DC klasik seperti pembentukan Justice League original dengan Martian Manhunter, Green Arrow, dll.  Lalu kejadian di Crisis of Infinite Earth yang mungkin berhubungan, makanya pin Comedian bereaksi ketika dekat dengan topeng Psycho Pirate.

Setelahnya, terjadi badai waktu yang menghempaskan mereka berdua ke suatu masa. Bruce ngaku itu Batcave ketika dia pertama kali bertugas makanya masih belum banyak peralatan dimana-mana, tapi dia ngerasa aneh pas liat ada pistol Joe Chill disana soalnya dia gak pernah berhasil dapetin itu pistol seinget dia.

Bruce disitu cukup kurang ajar ngaku-ngaku batcave punyanya padahal punya bapaknya itu, langsung disamperin sama bapaknya Thomas buat ngingetin itu Batcavenya dia XD

ngapain kamu nak

Seru dan bikin penasaran juga sih sama petualangan Flash dan Batman yang bisa sampai ke dunia Flashpoint walau sayangnya issue lanjutannya belum keluar lagi jadi rasa haus akan jawaban belum terjawab juga. Semoga berakhir baik dan gak kentang ceritanya juga.

Sekian dulu kayaknya blog kali ini, walau isinya agak sedikit kacau juga soalnya dimasukin beberapa komentar gue yang gak jelas pas lagi cerita itu cerita Batman dan Flash. Maaf kalau ada salah-salah kata, sampai jumpa di Blog selanjutnya hahahah… XDb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s