Hype Uang Baru

Agak random sih tapi mau ngobrolin tentang uang rupiah yang dirilis dengan desain baru pas tanggal 19 Desember 2016 kemarin.

Ngomong-ngomong Rupiah desain baru, gue sendiri sampai saat menulis blog ini belum dapet uang tersebut entah dari pedagang, minimarket atau ATM. Mau ikut ngantri ditempat penukaran males juga padahal penasaran. ||”orz

Alesan malesnya sih jelas karena uang ini cepat atau lambat bakal nyebar juga kemana-mana di penjuru negara ini, dan uang dalam bentuk lecek atau tercorat-coret pun akan muncul juga pada akhirnya.

Yang bikin penasaran sebenernya sistem pengamanan uangnya yang cukup hebat pas liat penjelasannya di Internet, apalagi warnanya yang cerah dan berbeda-beda memudahkan juga untuk membedakan antara satu lembaran nilai uang dengan lembaran nilai uang lainnya terlepas dari jumlah 0nya misal 10.000 dan 100.000.

Isu tentang desain uang yang mirip Yuan itu kayaknya kok sempit sekali pandangannya yah, uang warna warni seperti ini di ASEAN sendiri sudah banyak yang pakai misalnya negara tetangga seperti Brunei Darussalam, Singapura, dll.

Gue tau juga soalnya suka minta lembaran atau recehan uang asing kalau ada saudara yang keluar negeri buat semacam oleh-oleh, jadi sedikit banyak jadi tahu uang dari negara lain juga.

Terus desain gambarnya bertabur pahlawan semua dengan beberapa wajah baru juga, yang mungkin dulu ada yang tidak tahu bagaimana wajah pahlawan tersebut. Selain itu juga berbagai jenis tarian daerah juga bertabur di mata uang yang baru memudahkan kembali kita membedakan tiap lembar mata uang.

Padahal uang warna warni lain dari negara lain agak jarang menggunakan tokoh berbeda, karena biasanya mereka menggunakan satu tokoh saja, berbeda dengan Rupiah dengan desain baru sekarang yang menggunakan berbagai gambar pahlawan berbeda hingga uang logamnya juga.

Sebenarnya yang lebih kepengen sih uang logamnya untuk menambah koleksi uang logam kepunyaan dirumah.

Tapi agak bingung ini uang baru dengan pengamanan setinggi itu berarti harusnya nilai cetak dan bahannya bisa lebih tinggi dari nilai mata uangnya sendiri misal 2000 dengan tinta, tinta UV, kertas khusus, dll. Bukannya seharusnya lebih mahal apa enggak ?

Enggak paham juga masalah cetak-mencetak uang XD

Semoga minggu depan bisa dapetlah uang dengan desain baru, dan masyarakat juga lebih menerima tentang uang baru yang beredar sekarang.

Ngomong-ngomong uang, beberapa waktu lalu baru tahu kalau mau memperkuat mata uang itu bisa dengan cara mengurangi peredaran uang kertas di masyarakat, seperti menaruh di bank atau merubahnya dalam bentuk kartu.

Pantas sekarang jadi banyak jenis kartu beredar dari kartu uang elektronik sampai kartu kereta.

Okelah mungkin segitu dulu perbincangan gue di blog kali ini yang entah random sekali sepertinya, maaf kalau ada salah-salah kata yang tersirat maupun tersurat.

Sampai jumpa di posting-an berikutnya ( ^_^)b

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s