Ulasan Amatir “Death Note : Light Up the NEW World” [SPOILER]

Sudah lama sepertinya tidak update blog ini yah, entah kenapa tiap buka enggan post postingan baru sehingga cukup banyak draft menumpuk di blog ini yang belum di posting, mulai dari cerita pendek sampai hal plain yang tidak penting juga ada.

Pada rilisan blog kali ini akan membahas sebuah film sesuai dengan judul blog kali ini yaitu “Death Note : Light up the NEW world” yang tanggal 23 November kemarin baru dirilis di Indonesia, di negaranya sendiri film ini dirilis pada tanggal 29 Oktober 2016 kalau tidak salah, hahaha…

Gue sendiri baru nonton film ini tanggal 24 kemarin itupun sekalian mau lihat obral buku di salah satu mall besar di Bogor dan juga mencoba restoran Carl’s Jr. yang belum lama ini buka dekat situ. Tetapi, karena ceritanya cukup rumit walau gak rumit-rumit amat sih mungkin karena subtitlenya juga, jadi pada tulisan kali ini daripada ulasan saja gue bakal jelasin twist dari PLOTnya jadi SPOILER ALERT.

SPOILER ALERT

dn01

Surat Kematian : Menyalakan Dunia Baru

Begitulah kira-kira film ini diartikan ke dalam Bahasa Indonesia saat saya menonton waktu itu, agak berbeda memang namun sebenarnya bukan masalah besar juga karena ada teks subtitle inggris bila kita kurang sreg dengan subtitle Bahasa Indonesianya, lagipula semenjak Samurai X hal seperti ini terasa sudah tidak aneh.

Oke awalnya gue akan menceritakan semua plotnya dari awal sampai akhir namun rasanya agak kurang etis juga melakukan hal ini dan panjang juga cape ngetiknya sama takutnya udah lupa soalnya filmnya sendiri sekitar 2 jam jadi lama juga.

Film dibuka di Rusia, ada bank, salju dan rumah kayu dan percakapan dalam bahasa Rusia. sempet gue mikir apa salah masuk studio ini kok dari tadi filmnya berbahasa Rusia sampai sebuah Death Note jatuh entah dari mana memastikan bahwa ini memanglah film Death Note.

Bagusnya film ini karena dia tidak usah mengikuti apapun karena ceritanya sendiri telah melampaui komiknya sehingga sutradara bisa lebih leluasa mengolah cerita, 3 karakter utama yang beragam yang diceritakan cukup baik masa lalunya terlebih dahulu dalam serial pendek Death Note : New Generation.

Shien seorang penjahat dunia maya sekaligus teroris dan juga fans fanatik Kira yang pernah “diselamatkan” oleh Kira yang akhirnya mendapat Death Note milik Kira dahulu, Mishima seorang detektif yang memiliki nilai keadilan tinggi namun rekan polisinya mengecap kalau dia Pencinta Death Note karena pengetahuannya yang luas akan Death Note, dan Ryuzaki yang tidak lain pengganti L karena dia kloning darinya yang dikatakan memiliki kejeniusan yang sama.

Karakter yang ada dikomik namun belum muncul di 3 film sebelumnya pun dimunculkan pada film ini seperti Mikami lalu Mello di serial pendeknya.

Oke sekarang gue bakal bahas tentang twistnya yang sebenarnya kalau kita menganalisa posternya yang diatas dengan baik kita bisa tahu apa twist pada filmnya. Pada serial pendeknya dan filmnya kita seperti dijejali informasi kalau Kira baru atau pengganti Light Yagami adalah Shien karakter berbaju putih yang ada disebelah kiri poster.

Akan tetapi ada informasi baru yang mengatakan Light masih hidup sehingga Kira baru sebenarnya Light sendiri dan Shien hanyalah utusannya saja, lalu ada plot tambahan yang tidak perlu kalau Light memang sudah mati namun dia memiliki anak di Amerika yang menjadi Kira baru.

Tapi pada kenyataannya Kira baru adalah *BOOM* karakter yang berada ditengah poster yaitu Mishima seorang detektif yang tidak sengaja menyaksikan anak Light dibunuh Mikami yang tidak lain adalah walinya dari anak Light menggunakan Death Note menjadikan dirinya gila, melihat itu Mishima menembak mati Mikami dan mengambil Death Notenya.

Saat itu dia beralasan kalau bukan dia yang menggunakan Death Note maka akan berjatuhan koban tidak bersalah lebih banyak lagi dan penggunaannya dengan cara seperti Kira adalah cara paling efektif. Banyak hal terburu-buru yang dilakukan Shien maupun Mishima yang sebenarnya terlihat wajar karena mereka tidak jenius dan alasan Ryuzaki mengetahuinya karena dia memang sejenius L jadi wajar saja.

Setelah melihat fakta itu, kembali kita lihat poster tersebut, Misa Amane perempuan berjaket putih dikiri terlihat berada dibelakang layaknya menggambarkan dirinya masih berada dimasa lalu yang memang begitulah dirinya yang masih mengejar bayang-bayang light, walau pada akhirnya dia yakin Light sudah tiada dia masih ingin bertemu dirinya dan menuliskan kalau dia akan mati di lengan Light, karena Light yang sudah tiada tentu Misa akhirnya mati sendiri dengan lembaran-lembaran Death Note terbang dari tangannya.

Shien diposter terlihat melangkah dan berada di sisi bayangan Light, karena memang begitulah dia ketika mendapatkan Death Note dia seperti melangkan untuk mengejar bayangan Kira baru yang dia percaya sebagai Light padahal pesan yang dia dapatkan tidak lebih hanya video pesan Light ke anaknya yang sudah dimanipulasi oleh Mishima dalam permainan besarnya. Dia pada akhirnya mati pada saat penyerbuan demi melindungi Kira baru.

Ryuzaki, kalau dari poster dia berada di kanan pada sisi bayangan L. Dia sendiri hampir mirip dengan Shien, namun bedanya dia mengikuti jejak L bahkan dia sudah memiliki Death Note semenjak awal namun dia tidak ingin memakainya karena hal itu hanya akan membuatnya seperti L saja. Pada akhirnya dia mati karena namanya sudah ditulis oleh Mishima 23 hari sebelumnya sehingga ketika Misa dan Shien menuliskan namanya tidak ada efek sama sekali.

Karakter Ryuzaki yang penuh misteri yang bahkan misteri tombol lampu diselotip yang masih tidak terjawab hingga akhir luluh akan sifat kebajikan yang dimiliki Mishima walau dia sebenarnya adalah Kira dan melepaskannya untuk membuatnya sebagai Ryuzaki baru, karena mungkin saja seperti L, Kira adalah satu-satunya orang yang dapat dikatakan sebagai teman.

Terakhir Mishima, yang di poster terlihat jelas kalau bayangannya yang berupa cahaya lampu kota menggambarkan Ryuk karena memang dialah Kira dicerita ini. Tetapi Mishima memiliki alasan berbeda dari Light apalagi ketika melihat efeknya terhadap Mikami dan anak Light.

Alasan dia berada ditengah karena dia berada di kedua pihak itu, dia sendiri adalah Kira namun di sisi yang sama dia juga di pihak kebajikan yang ingin menghancurkan Kira hingga di akhir dia menjadi Ryuzaki pengganti. Berganti nama pun bukan hal aneh baginya karena Mishima sendiri bukanlah nama aslinya dan dia saling menukarkan namanya dengan Ryuzaki dan mengatakan bahwa nama mereka berdua sangatlah biasa.

Ryuzaki pun memberi pesan terakhir dengan memberi buku catatan usang yang berisi tentang seluk beluk Death Note milik Mishima kepadanya untuk digunakan, memberi kesan untuk tidak menggunakan Death Note lagi dalam alasan kebajikan apapun.

Film pun ditutup dengan mengisyaratkan kalau Mishima sudah tobat dan akan menjadi penerus Ryuzaki, namun ketika film ditutup dan judul film muncul kembali dan menghilang, sebelum tulisannya menghilang tulisan “NEW world” pada judul itu menyala merah dan menghilang paling akhir, seperti memberitahu bahwa pada akhirnya Kiralah yang menang bahkan dia menjadi bebas hukum karena dia menggantikan Ryuzaki akan keinginan Ryuzaki sendiri, dan inilah dunia baru itu. Dunia dimana orang-orang berlomba untuk mengumpulkan keenam Death Note.

Yah kira-kira begitulah ceritanya, memang sengaja diceritakan secara sepotong dan abstrak biar tidak semua plotnya dibuka juga sehingga pada nonton juga filmnya. secara keseluruhan sih suka sama film yang seperti ini namun entah kenapa ada beberapa hal yang dirasa agak tidak perlu, namun bila tidak ada hal itu beberapa plot jadi tidak jalan juga.

Tetapi, secara keseluruhan gue menikmati film ini karena saat film ini berakhir baru sadar film sudah berjalan selama 2 jam.

Sekian dulu blog kali ini, Terima kasih untuk yang udah baca postingan kali ini sampai akhir, maaf kalau pada blog kali ini ulasannya agak kurang . Silahkan di comment dibawah entah mau diskusi atau ngobrol tentang postingan ini. Share juga sangatlah boleh.

Sampai jumpa di blog-blog selanjutnya XDb

Advertisements

8 thoughts on “Ulasan Amatir “Death Note : Light Up the NEW World” [SPOILER]

  1. Itu di saklar sobekan death note bro..
    Dan btw, knapa post credit nya gak di singgung ya?
    Kan pada post credit ada Kira asli alias Yagami bilang “Semua sesuai rencana”

    1. iya pas dulu nonton di bioskop merhatiinnya sekilas doang jadi gak sadar sobekan death note.
      Oh yang itu eksklusif pas BRnya rilis, pas dulu di bioskop sampe kelar gak ada post creditnya bro

  2. Trus nama asli Ryuzaki siapa? kan di akhir Mishima udah bilang nama asli dia..tapi kayaknya Ryuzaki belum diliatin nama aslinya..

    1. Namanya sih diliatin pas Mishima nulis si ryuzaki di Death Note, tapi gak inget lagi di subnya di bioskop tulisannya apaan, soalnya yang sub versi BR gak ditulis namanya~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s