Review [Spoiler (?)] 12 Monkeys

12 monkeys12 Monkeys atau dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai 12 Monyet, bukanlah cerita mengenai sekumpulan hewan primata tersebut melainkan kisah tentang perjalanan waktu.

12 Monkeys merupakan film yang dirilis pada tahun 1995 yang dibintangi oleh aktor kawakan Bruce Willis, film ini sendiri mengambil inspirasi dari film Pendek Prancis ditahun 1962, yang berjudul La Jetée. Karena kesuksesannya inilah akhirnya film ini dibuat ulang dalam bentuk serial televisi ditahun 2015 yang baru saja berakhir season 1nya 10 April kemarin.

Nah pada blog kali ini seperti dijudul saya akan sedikit mereview mengenai 12 Monkeys mungkin ada spoiler cerita yang saya tak bisa tahan, review ini sendiri berpusat kepada adaptasi serial TVnya bukan filmnya.

BILA ANDA TIDAK MENYUKAI SPOILER, JANGAN MELANJUTKAN MEMBACA POSTINGAN BLOG INI.


Sedikit cerita dari film 12 Monkeys, film ini bercerita di masa depan tahun 2027 dimna manusia hampir punah karena serangan virus mematikan yang penyebarannya didalangi oleh sebuah organisasi rahasia The Army of 12 Monkeys. Kira-kira hal itulah yang dipercaya oleh peneliti di masa depan dan memicu mengirimkan pemeran utama, Cole ke masa lalu untuk mempelajari dan menemukannya. Dan dari perjalanan itu peneliti berharap mereka dapat membuat obat untuk melawan virus tersebut di masa depan.

Tapi seiring berjalannya film diketahuilah bahwa lahirnya The Army of 12 Monkeys karena pembicaraan Cole dengan Jeffrey Goines diperjalanan waktunya ditahun 1990, yang menciptakan paradox itu sendiri.  Dan kenyataannya The Army of 12 Monkeys bukanlah dalang penyebaran virus di masa depan.

Cole sendiri diperlihatkan sebagai orang yang memiliki masalah mimpi buruk yang terus berulang mengenai penembakan disebuah bandara. Dimana ternyata itu bukanlah mimpi melainkan ingatan semasa kecilnya ketika dia melihat dirinya sendiri versi dewasa terbunuh didepan matanya saat di bandara.

Dalang penyebar virusnya sendiri sebenarnya pernah bertemu dengan peneliti di masa depan saat dia muda dulu, ditahun 1996 saat mereka menaiki pesawat dan mengobrol bersama.

Kira-kira itulah versi filmnya, dan sebenarnya lebih bagus ceritanya dibanding tulisannya tadi. Saat saya mendengar kalau filmnya mau dibuat menjadi serial televisi jujur saya agak ragu, karena pada dasarnya filmnya sendiri mengandalkan pada plot twist diceritanya, bagi yang sudah menonton filmnya tentu sudah tahu bagaimana twistnya terjadi. Kalau serialnya mengulang racikan yang sama maka bukannya akan membosankan ketika kita tahu bagaimana kejadian kedepannya.

Akan tetapi, kenyataannnya sutradaranya sendiri mampu menyajikannya secara berbeda sambil tidak melupakan poin-poin penting dari film 12 Monkeys.

Salah satu yang berbeda diserialnya ialah mimpi buruk Cole baru terjadi dipertengahan cerita, dan itu pun bukan mengenai dirinya saat kecil menyaksikan kematian versi masa depannya. Melainkan ia melihat kematian ayahnya sendiri.

Cole sendiri bertujuan untuk merubah masa lalu bukan untuk mencari keberadaan virusnya, agar orang dimasa depan dapat membuat obat penawarnya.

The Army of 12 Monkeys sendiri terlihat sebagai organisasi yang terstruktur secara baik tidak seperti difilmnya, disini pun diceritakan bahwa organisasi ini lahir bukan karena campur tangan Cole dan bukan Goineslah yang menciptakannya. Tujuan organisasi ini pun sangat misterius, dibanding versi filmnya yang menunjukan tujuan organisasi ini hanya untuk melepaskan seluruh hewan dikebun binatang XD

Selain setting waktu cerita yang tentu berbeda, ada pula paradox yang terjadi difilm ini mengenai penciptaan alat mesin waktunya itu sendiri. Dimana alat itu tercipta karena dana yang diberikan oleh Jose Ramse, sahabat Cole dari masa depan yang mendadak menjadi musuh tapi karena sekali sahabat tetap sahabat, mereka pun akur kembali.

The Army of 12 Monkeys sendiri terlihat mengetahui masa depan karena dipandu oleh The Witness. Dan mereka percaya bahwa bagaimanapun cara Cole merubah masa lalu, takdir akan lebih kuat dan membuat masa depan tetap terjadi seutuhnya. Akan tetapi dengan pengetahuan dari The Witness itu sendiri langkah Cole tidak bisa ia tebak. Kita akan melihat beberapa tindakan Cole yang merubah masa depan yang seharusnya terjadi, seperti kematian Ethan Seki atau mengenai masa depan dimana perjalanan waktu tidak pernah terjadi.

The Army of 12 Monkeys Check

Virus mematikan Check

Goines ayah dan anak Check

Mimpi buruk Cole Check

Paradox Check

Cukup banyak spoiler yang saya keluarkan pada postingan blog kali ini, memang kurang menarik kalau diceritakan oleh saya. Tapi menurut saya sendiri serialnya cukup bagus dan kenyataan kalau serial ini dilanjutkan ke season 2 itu cukup bagus.

Untuk rekapan musim ke duanya bisa lihat disini : INI

Terima Kasih telah membaca blog dari saya bila ada kesalahan kalimat atau kata mohon dimaafkan. Sampai bertemu diblog selanjutnya.

Advertisements

7 thoughts on “Review [Spoiler (?)] 12 Monkeys

  1. No problem, saya udah tamat nonton serial 12 monkey, dan barusan nonton filmnya,,,

    Saya menilai filmnya lebih ke percintaan cole dan raily,,, dimana cole ingin stay di masa itu bersama raily dgn mencabut gigi nya yg jadi cara ilmuwan menariknya kembali ke masa depan. Lalu datang jose untuk memaksa cole untuk meneruskan misinya dengan menembak mati orang yang akan menyebarkan virus. Cole gagal, mati, dan wabah tetap terjadi,,, film ini justru menceritakan kenapa virusnya bisa tersebar, dan bagaimana 12 monkey terbentuk.

    Kalau serialnya lebih dark dan lebih rumit lagi,,, semacam loop (siklus perulangan), dimana cole lah yang sebenarnya menyebabkan wabah penyakit dan terbentuknya 12 monkey sejak awal,,,

    virus yang ditemukan oleh orang jepang pada tahun 1987 akan dijual kepada Leland Goines, tapi Leland Goines tidak tertarik untuk membelinya,,, lalu datang Cole menceritakan tentang virus, bla bla bla,,, lalu Leland Goines berubah pikiran, dan jadi membeli virus tersebut.

    lalu 12 monkey terbentuk akibat dari pertemuan Leland Goines dengan Cole juga, lalu pertemuan Cole dengan Jennifer Goines yang memberinya inspirasi untuk membentuk 12 Monkey,,,

    Sejak awal, semua itu adalah takdir,,, lantas ada ilmuwah bernama Katarina Jones yang terobsesi dengan time travel, dia ingin mereset tatanan waktu,,, dia ingin virus tidak pernah tersebar, wabah tidak pernah terjadi,,, padahal virus tersebut sudah bisa diobati, bahkan bisa diprediksi mutasi dari virus tersebut dengan bantuan super komputer,,,, ada 2 pihak disini,, pihak yang ingin mereset time line, dan pihak yang ingin survive, moving on,, melanjutkan apa yang sudah menjadi takdir dunia dan mansua yakni pemusnahan masal oleh virus, lalu menemukan obatnya, dan manusia kembali berkembang/membuat populasi. Karena jika time line berhasil diubah, maka seluruh manusia yang terlahir setelah tahun 2017 akan hilang begitu saja, atau lahir dengan versi berbeda (yang sebelumnya sepasang suami istri bisa beda versi saat time line direst). Endingnya sebenarnya sama-sama baik.

    Serial 12 Monkey bercerita tentang manusia yang mentang-mentang menemukan mesin waktu lantas ingin menantang takdir, mengubah takdir,,, padahal takdir tidak bisa diubah sejak awal, setiap apa yang dilakukan mereka malah menjadi kisah origin story bagaimana virus itu bisa menjadi wabah yang membunuh milliyaran populasi manusia. Ingat film the butterfly effect ?, nah Cole disini bertindak sebagai agen of change, justru apa pun yg dilakukan Cole, justru itulah yang menyebabkan wabah dan terbentuknya 12 Monkey.

    Saya dari episode pertengahan sudah sadar kalo episode terakhir seasson 1 pasti bukan ending dari cerita ini, karena mereka mau bikin seasson 2, 3 ,4 ,5, dst,,, sedangkan ending serial ini simple,,, jika mengikuti plot di film aslinya, maka endingnya pasti wabah akan tetap terjadi, dengan prinsip takdir tidak bisa diubah,,, tapi jika tidak berdasarkan plot aslinya, maka ending serial ini adalah berubahnya time line, wabah tidak terjadi, Cole dan Jose tumbuh dewasa tanpa tau menau soal dirinya yang bolak balik menjelajahi waktu, manusia yg lahir setelah tahun 2017 hilang begitu saja/tidak pernah terlahir. Saya yakin ending serial ini tidak akan mengikuti plot, ini sudah ada isyarat di episode terakhir seasson 1 dimana the whitenes salah prediksi,,, Jose tidak mati, tapi diselamatkan oleh Cole. Artinya serial ini akan mengikuti faham takdir itu tidak ada kalau kita punya mesin waktu.

    Saya pribadi stop nonton serial ini, cukup seasson 1 saja, meski seasson 2 sedang on going,,, mumet bro,, ceritanya menguras pikiran. tentang ilmuwan gila yg pengen main-main sama takdir, mengabaikan fakta bahwa vaksin virus tersebut sudah ditemukan dan dapat mengatasi mutasi virusnya. pokoknya dia mau wabah tidak pernah terjadi.

    Cerita tentang time travel memang ada 2 versi,,, yakni tidak ada yg bisa mengubah masa lalu meskipun manusia punya mesin waktu, seperti film 12 monkey dan film the time machine,,, dan sebaliknya, masa lalu bisa diubah, seperti film X Men Days of Future Past, The Butterfly Effect, dsb

    1. Serialnya mungkin dibuat untuk men-close loop darimana virusnya berasa yang notabene kalau yang gue liat dari mayat dimana si virus berasal kemungkinan besar mayat itu adalah si cole sendiri.
      Tapi menjelang akhir season 1 si Cole dibuat tidak lagi bisa melakukan perjalanan waktu, dengan tambahan bumbu cerita plot disana dan sini kemungkinan ending series sebenarnya yang entah di season berapa bisa berbeda drastis dari film yang bahkan bisa saja masa depan memang berubah seperti tujuan Cole diawal.

      1. Cole stay di 2015 bersamaan dengan Cole versi anak-anak,,, huft,,, mumetnya sch-fi tentang time travel,,,

        Soal mayat, saya ragu kalo itu Cole,,, karena mayat itu berasal dari masa lalu (purba), dan kalau Cole mati lalu jadi mayat itu, maka tidak ada Cole di masa depan.

        Mau bunuh Cole mudah aja bro,,, cari Cole yg masih anak-anak, lalu bunuh,, maka Cole dewasa juga mati.

        Manusia aslinya serba tidak tau,, itu point di serial ini yg saya tangkap,,, coba kalau tau,,, pas balik ke 1987, dia gak perlu ikut campur pake bilang wabah virus, army of 12 monkey ke Leland, udah deh kelar,, Leland sejak awal sudah gk mau beli itu mayat bervirus, tapi karena campur tangan Cole jadi dia beli, dan berlanjut jadi Bio Weapon.

        Leland sendiri cuma beli mayat bervirus, ditaroh ke Lab dia, udah gitu aja,,, yg ngembangin virusnya bukan dia,,,

        Coba sejak awal di episode 1 dia ngomong baik-baik sama Leland, Leland udah tanya ke Cole “Perbuatan besar apakah yang membuat manusia dapat memecahkan hukum fisika, menembus waktu hanya untuk membunuhku ?”.

        Coba ceritakan ke Leland kalo virusnya nanti akan jadi wabah, bla bla bla,, yg disebarkan oleh Army of 12 Monkey, dsb

        Maka Leland akan memproteksi virus itu dengan seluruh sumber daya yg dia miliki, bahkan memusnakan segala riset tentang virus itu dan memusnahkan virus itu.

        Tapi tidak, Cole udah salah sejak episode 1 dengan membunuh Leland, karena ketidaktahuannya, sejak awal dia mengira Leland lah yang jahat, membuat virus untuk menghancurkan dunia, padahal Leland itu baik sejak awal.

        Pantaslah rating serial ini tinggi banget, lah saya gk sadar udah nulis komen segini panjangnya 😀

      1. Hahaha,,, iya bener,,, sejak awal,,, sebenarnya kalau saja Dr Jones, dkk gk main-main sama mesin waktu,,,, maka waktu gk bakal jadi taruhannya (baca: waktu hancur)

        penyebab the withness ada, waktu hancur,,, adalah Dr Jones suami istri,,, yakni ditemukannya mesin waktu itu sendiri,,, (tipikal film time travel, kehancuran justru terjadi akibat dimungkinkannya time traveling)

        maka musibah yg menimpa manusia di bumi ini hanya wabah penyakit saja,,, yang sebenarnya obat penyakit tersebut sudah ditemukan dan dikembangkan oleh pihak dimana Dr Jones berasal (ane lupa, pokoknya banyak tentara nya),,, seandainya obat itu berkembang,,, manusia selamat dari virus wabah,,, memperbaiki segala sesuatunya,,, masa depan cemerlang,,,

        sebenarnya penyebab hancurnya waktu adalah Dr Jones yang egois, ingin menyelamatkan anaknya yang mati akibat wabah penyakit,,, padahal anaknya mati karena meningitis saja.

        ingat ketika Cassie mati ?, Dr Jones nganggur, masa depan tetap wabah,,, terpuruk,,, tapi the withness gk bakalan ada,,,

        sampai disitu saja,,, 12 Monkeys sudah tamat sebenarnya, tapi sad ending,,, masih mending daripada waktu yg hancur.

        lucunya,,, ketika anak Dr Jones diselamatkan, yg menyebabkan Dr Jones tidak perlu main-main mesin waktu,,,, waktu itu sendiri melarangnya,,, sampai berkali-kali reset,,, sampai akhirnya anak Dr Jones diselamatkan tapi Dr Jones tidak tau,,

        aneh banget alur cerita 12 Monkey ini,,,, hanya karena “time traveling”,,, kekacauan alur jadi dimaklumi,,,

        ane simpulkan bahwa serial ini hanya hiburan untuk memenuhi hasrat penonton film serial berat yg bikin “senam otak”,,, itu aja,,,

        BTW,,, Hampir semua film tentang Time Travel, menceritakan kekacauan yg mungkin terjadi, jika Time Traveling bisa dilakukan,,,

        Ingat Terminator ?

        Itu memang ceritanya robot,,, tapi yg bikin itu semua terjadi, justru apa yang dilakukan para Time Traveler ke masa lalu,,, kalau saja Kyle Reese tidak kemasa lalu bertemu Sarah Connor, maka John Connor gk bakal ada,,, karena Kyle Reese adalah ayahnya (Time Traveler),,, dan John Connor inilah alasan kenapa The Terminator ada.

  2. Enggak kok bagus ada yang komen panjang-panjang jadi berasa rame blognya XD

    Itu Cole gak tinggal bareng versi masa lalunya, dia kaya jam yang di episode 1 dimana versi masa lalu dan masa depannya saling bersentuhan menciptakan paradox itu sendiri, yah keduanya semacam bersatu sekarang.

    Ya betul kesalahan awal adalah Jones yang ngirim si Cole itu sendiri ke masa lalu, yang malah ngebuat masa depan dimana wabah menyebar jadi terjamin.

    Sebenernya cerita time travel begini kayaknya gak cocok dibuat episode banyak bahkan berseason-season yang malah bikin ceritanya berasa memaksa. Seperti season 2 yang diawali dengan peran Cassie bertukar dengan Cole, dimana Cassie yang menjelajah waktu sedangkan Cole yang tinggal di masa lampau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s