Data yang Hilang

Beberapa saat yang lalu, baru saja saya tertimpa musibah yang mungkin bisa dibilang cuma saya yang merasakannya.

Seperti judul blog ini sendiri musibah yang menimpa saya adalah data yang hilang secara tiba-tiba dan mendadak, data yang saya maksud adalah data kuliah saya itu yang awalnya saya pikirkan akan tetapi data yang hilang sebenarnya adalah data berkestensi .docx dan .doc yang menghilang dan berubah jadi .jse. Hal itu bukan cuma perubahan ekstensi saja akan tetapi benar-benar menghilang karena file .Jse tersebut adalah file corrupt yang tidak ada apapun didalamnya dan selalu dianggap sebagai ancaman bagi anti virus saya.

Sudah berbagai cara saya coba akan tetapi data tersebut tidak dapat saya pulihkan kembali, sebenarnya data-data kuliah yang menghilang sangatlah penting akan tetapi yang sebenarnya membuat rasa kehilangan mendalam adalah tulisan yang saya mulai ketik semenjak sekitar 6 tahun lalu dan sengaja saya taruh di HDD pada beberapa tahun lalu, tulisan itu penuh kenangan karena itu adalah tulisan-tulisan cerita fiksi yang saya karang dengan inspirasi yang muncul pada moment-moment tertentu.

Tulisan tersebut mulanya saya maksudkan sebagai bahan latihan saya agar menjadi penulis, dan sebagai bahan pengingat moment-moment tertentu dalam hidup saya, akan tetapi dengan berat hati data tersebut hilang dan tak terselamatkan lagi karena kesalahan saya yang tidak membuat back-up data untuk data-data itu.

MIMPI

Sebenarnya sebelum tertimpa musibah hilangnya data, saya telah melakukan kesalahan terhadap orang lain beberapa hari sebelumnya yaitu membuat seseorang harus meninggalkan akun social media  yang dia gunakan sebagai semacam catatan harian dan tempat berkeluh kesahnya.

Dan tepat malam sebelum saya tertimpa musibah hilangnya data, saya bermimpi bertemu dengannya mungkin itu adalah bentuk penyesalan saya karena melakukan hal tersebut, dan karena orang ini termasuk dalam kaum ‘spesial’ sehingga membuat saya sulit bertemu dengannya dan menjelaskan kebodohan yang saya lakukan kemarin-kemarin. Inilah kira-kira kisah mimpi yang saya alami itu yang akan saya kisahkan seperti cerpen urut dari awal hingga akhir.

~-~

Hal yang pertama kuingat pada moment mimpi itu adalah aku berada disebuah pertigaan perumahan yang kosong di Kota Jakarta, sesaat setelahnya 2 orang wanita berpayung hitam lewat didepanku tanpa menghiraukan keberadaanku disana, mereka terlihat sangat sederhana, yang satu adalah orang yang tinggi dan kurus yang sekedar memakai kaos polos biru tua dan satunya lagi berpostur pendek dan bertubuh tidak terlalu kurus yang memakai kaos polos hitam akan  tetapi keduanya memiliki kesamaan yaitu memakai celana jeans berwarna biru. Semula aku berniat untuk mengacuhkan mereka saja, akan tetapi saat melihat wanita berbaju hitam yang memegang besi payung ditangannya aku tersadar itu adalah wajah kakakku, aku pun berniat menghampirinya ketika tiba-tiba terdengar suara “JDERR.”

Bunyi petir yang sangat keras mengagetkanku, dan disaat bersamaan dari atas langit turunlah ribuan tetesan air yang turun secara deras, hal tersebut menghentikan langkahku dan membuatku terburu-buru untuk membuka resleting depan tas biruku yang didalamnya terdapat sebuah payung, dan setelah mengambil payung tersebut akupun langsung mengembangkan payung tersebut untuk melindungiku dari tetesan hujan yang tiba-tiba turun tersebut, akan tetapi masalah lain terjadi yaitu resleting depan tasku tersebut menghilang entah kemana, aku ingat bahwa sudah beberapa lama resleting itu rusak dan perlu cara ‘spesial’ untuk menutup resleting tersebut akan tetapi untuk tiba-tiba menghilang sangatlah tidak mungkin.

Angin semakin liar membuatku meninggalkan fokusku terhadap resleting depan tasku tersebut, aku pun mulai berjalan kearah perginya orang yang mirip dengan kakaku tersebut, akan tetapi angin dan hujan yang semakin kencang mulai mengaburkan pandanganku dan membuatku berlari mencari tempat untuk berteduh, entah sudah berapa banyak langkah aku lakukan hingga akhirnya aku mencapai gerbang perumahan yang tepat didepannya terdapat jalan raya yang melintang luas dengan kendaraan lalu lalang. Aku pun melihat sekitar dengan nafas yang masih berburu karena lariku tadi, tapi tidak ada seorang pun terlihat hanya ada kendaraan-kendaraan lalu lalang dihadapanku dan pada saat itu rasa kering tiba-tiba memenuhi tenggorokanku, saat rasa itu melanda entah kenapa aku baru sadar diseberang tempatku berdiri terdapat sebuah minimarket yang sangatlah besar dan terlihat luas.

Dengan hati-hati aku menyeberangi jalan raya yang penuh dengan kendaraan yang lalu lalang, basah akibat hujan dan bau akan knalpot menghampiriku yang sedang menyebrang, pandanganku pun berkurang karena derasnya hujan yang membuatku hanya dapat melihat datangnya kendaraan melalu lampu yang terpasang ditiap kendaraan tersebut, dan perlahan akhirnya aku sampai diseberang jalan dimana aku langsung berjalan cepat kedepan minimarket tersebut dan langsung menaruh payungku diluar pintu minimarket tersebut.

Setelah mendorong pintu kaca minimarket itu, aku pun langsung memburu mesin pendingin pada mini market itu bagai serigala yang  lapar ditengah padang rumput, tanpa membutuhkan waktu lama akupun menemukan tempat mesin pendingin minuman berada karena sepinya mini market tersebut, dan langsung mengambil 3 botol minuman, aku masih mengingat 3 minuman terserbut itu adalah: sebotol minuman teh bercampur susu, sebotol minuman kopi dingin yang dibuat pada saat suhunya 78 derajat celcius, dan sebotol minuman kopi dingin yang memiliki rasa tiramissu.

Disaat itu sepertinya aku terlupa dengan perasaan ingin menyapa kakaku dan merelakannya, aku pun tidak sabar ingin membuka minuman tersebut dan langsung menghampiri kasir dimana aku bertemu dengannya, perempuan yang memakai sebuah kemeja berwarna biru dan merah yang memiliki tema minimarket ‘Indo’, rambutnya terurai indah dikepalanya dengan wajah dipenuhi senyum hangat yang ditujukan padaku, dan wajahnya sangatlah familiar dimataku hingga akhirnya aku teringat wajah orang itu.

“Sicung !” Kata tersebut langsung terlontar dimulutku ketika sadar akan keberadaan orang itu dihadapanku.

Ekspresi perempuan itu pun langsung berubah jadi terlihat kaget, dan langsung berubah kembali dan menempelkan telunjuk tangannya dibibirnya menyuruhku untuk diam.

“A..Ah, maaf yah soal akun kamu yang kemarin yah. Ngomong-ngomong kok kamu jadi penjaga kasir disini ?” Kataku pelan.

“Oh iya gak apa-apa, aku juga sadar sama bahayanya aku nulis tentang hal-hal seperti itu di social media bukanlah hal yang aman dan semuanya bisa baca juga dan suatu hari pasti bakal terjadi kejadian kaya kemarin itu, tapi aku gak nyangka ajah aku ketemu sama orang yang bikin kejaadiann kaya kemarin disini. Oh iya aku disini yah kerjalah, kan kamu juga tau bahwa aku kerja disana buat ngehidupin keluargaku dan ini jadi semacam sampingan juga buat tambah-tambahan uang juga, hehehe…” Katanya sambil mengecek label pada botol minumanku satu persatu.

“Oh begitu, aku turut prihatin yah ternyata kamu mengemban pekerjaan seberat ini dan aku malah ngerusak tempat kamu mencurahkan hati kamu, sekali lagi aku minta maaf yah.” kataku yang masih kaget bertemu orang yang datang dari kaum ‘spesial’ tapi bisa berada disini.

“Oh iya, habis ini masuk jam makan siangku, gimana kalau kita ngobrolin ini di kafe belakang mini market ini ajah supaya lebih jelas masalah kemarin itu dan supaya gak narik perhatian orang disini juga. Oh iya, ini semuanya jadi 15.400 rupiah” katanya dengan nada pelan.

Aku pun menyodorkan selembar uang 20.000 rupiah kepadanya, dan dia langsung memberikan kembaliannya. Sesaat setelah itu seorang perempuan lain muncul dan menggantikan posisinya sebagai kasir disitu, dan seperti janjinya kami pun ke kafe belakang dan saat dia mulai ingin mengobrol tiba-tiba saja terdengar suara keras yang memekakan telingaku, dan saat kusadar aku telah terbangun dari mimpi dan berada diatas kasur tempat tidurku yang sempit.

~END~

Sekian Blog yang sangatlah membosankan ini dari saya terima kasih untuk yang telah membacanya, maaf bila ada salah-salah kata pada blog saya, dan maaf bila terjadi penyindiran secara tidak sengaja juga pada blog ini, mohon ingatkan saya bila saya melakukan kesalahan m(_ _)m saat ini semoga saya bisa membuat blog dengan cerita didalamnya lagi ^^/

Leave a Reply

