18 Mei 2012

Tanggal tersebut mungkin terasa sebagai tanggal random bagi yang melihatnya dikalender, dimana tanggal ini hanyalah tersisip didalam 31 hari dibulan Mei, tidak ada yang spesial di hari itu karena bila kita lihat dikalender bahkan hari tersebut hanyalah hari biasa tanpa warna merah penanda libur atau penanda hari nasional ataupun cuti bersama.

Akan tetapi di mata saya hari itu setahun yang lalu yaitu 2012 terlihat berbeda untuk hobi saya saat ini, karena pada hari itu saya mendapatkan moment dimana saya bisa melupakan sejenak kepenatan didalam hidup dimana saya bisa diam tanpa memikirkan kesulitan tugas-tugas pada perkuliahan saya, hal tersebut pernah saya tulis di 1st Theater Experience akan tetapi saya akan lebih memaparkan kembali tentang hari itu dan juga akibat positif dan negatif yang berkepanjangan yang ditimbulkan oleh hari itu.

Karena ini sebuah pemaparan tentu isi blog ini akan cukup panjang saya harap kalian bersabar untuk membacanya.

Kamis, 17 MEI 2012

Saya adalah tipikal orang yang badluck dalam hal undian apapun, oleh karena itu tepat tanggal 17 mei setahun yang lalu saya gagal mendapatkan undian hari pertama teater ‘sementara’ JKT48 “Pajama Drive”, mengapa dikatakan sementara ? karena tempat dilaksanakan teaternya adalah bukan di teater permanen yang digunakan sekarang.

Saya juga tipikal orang yang tidak mudah menyerah oleh karena itu saya pun dengan bermodalkan nekat dan rasa penasaran untuk menonton pertunjukan membuat saya tetap datang ke sana  dari rumah saya di Bogor, dengan mengharapkan masuk melalui Waiting List, akan tetapi mungkin karena saya datang terlalu sore mengakibatkan saya mendapatkan nomor WL 97 , hal tersebut sebenarnya dikarenakan saya cukup bingung cara kesana dimana saya masih buta daerah sana membuat saya berkeliling cukup lama yang akhirnya membuat saya datang terlalu sore. Dan sayangnya antrian WL yang diterima masuk pada saat itu hanyalah hingga nomor 84 dan membuat saya gagal mendapatkan tiket untuk hari itu.

WL

Akan tetapi sebelum saya pulang ke Bogor dengan dipenuhi kekecewaan, ternyata panitia teater disana mengumumkan mereka menjual tiket untuk hari esok pada saat itu, saya pun tanpa pikir panjang membeli show malam untuk pertunjukan keesokan harinya yaitu tanggal 18 untuk show dimalam hari karena saya takut telat, walaupun sedikit kecewa tetapi setidaknya saya mengetahui jalan untuk kesana sekarang.

antri

saya adalah pria berjaket hitam dan bertas biru yang mengantri.

Sesampainya saya dirumah pada malam hari betapa kagetnya saya ketika melihat ternyata saya mendapatkan verifikasi tiket untuk tanggal 18 yang berarti saya percuma membeli langsung padahal saya mendapatkan tiket verifikasi, hal tersebut yang akhirnya membuat saya berharap memiliki smartphone yang lebih baik dari yang saya miliki pada saat itu, maksudnya lebih baik adalah yang bisa menunjukan notifikasi email kapan saja.

Verif a

Jum’at, 18 MEI 2012

Inilah hari dimana semuanya cukup berubah dalam kehidupan hobi saya, dimana saya menemukan satu orang yang saya pikir akan saya dukung hingga sekarang, dimana bila melihat kebelakang saya mengawasi 2 yaitu seorang member bernama Jessica Veranda dan seorang member lain.

Bila melihat kebelakang pada tanggal 25 Februari 2012 lalu dimana konser Akb48xJKt48 dilangsungkan, disitu saya masih bingung memilih diantara kedua member tersebut karena mereka memiliki daya tarik masing-masing yang cukup menarik, akan tetapi kejadian ditanggal 18 Mei merubahnya.

AKBxJKT

Ditanggal 18 Mei 2012 lalu saya berangkat dari Bogor sekitar jam setengah 2 dengan mengkantongi sebuah tiket dengan harapan menonton pertunjukan pada hari itu, perjalanan hingga ke teater sementara memakan waktu sekitar 2 jam karena kemacetan kearah kuningan dimana tempat tersebut berada.

Sesampainya disana saya iseng membeli 2 buah photopack terlebih dahulu, pertunjukan ke 1 pun berakhir dan teman saya yaitu reisha (Reisha’s Blog) yang menonton teater pada show tersebut pun keluar, dan saya pun berbincaang bagaimana kah kisahnya didalam teater sana sambil makan dikantin dekat teater sementara tersebut, lalu beberapa orang muncul menyapa reisha dan mengobrol dan saya pun tidak mengambil pusing terhadap kehadiran mereka saat itu, padahal sebenarnya pertemuan saya dengan orang-orang tersebut sudah berlangsung berulang kali.

Reisha pun memutuskan untuk pulang sedangkan saya menunggu untuk gerbang teater dibuka terlebih dahulu, akan tetapi sebelum Reisha pulang dia terlebih dahulu mengajak saya menemaninya untuk membeli poster orang yang di idolakannya tersebut, tapi sebelum itu kami harus berjalan dulu menyusuri pasar festival karena dia harus mengambil uang terlebih dahulu di ATM, dan ketika kami kembali betapa anehnya melihat stand penjualan ramai dikelilingi orang akan tetapi mereka tidak membeli barang apapun, saya dan reisha pun masuk kedalam tengah kerumunan yang ternyata dibaliknya kosong akan tetapi saat saya melihat siapa penjaga stand tersebut betapa terkagetnya saya, melihat ada 3 orang member JKT48 didepan saya dan orang yang saya idolakan yaitu Jessica Veranda atau biasa dipanggil Ve berada dihadapan saya begitu dekat yang hanya dibatasi sebuah meja, saat itu Ve dibalut pakaian hitam Junjou Shugi yang membuat dia kelihat cukup menawan dan menarik perhatian.

Saya yang pada saat itu awalnya hanya mau menemani teman saya membeli poster pun berakhir kelabakan dan membuat saya memutuskan untuk membeli kipas Ve karena pada detik itu dia yang melayani saya pun tanpa pikir panjang langsung memberikan sejumlah uang untuk membayarkan sambil terus menatap mata indahnya, walau dengan sedikit masalah akhirnya saya mendapat kipas saya langsung dari Ve dan entah waktu itu disengaja atau tidak saya melewati 2 member yang menjaga stand tersebut dan langsung menghampiri Ve dengan tangan penuh keringat dan berjabat tangan dengannya, mungkin itu jabat tangan pertama saya dengannya karena pada saat dulu ada event jabat tangan saya tidak mampu hadir karena terlalu sibuk kuliah.

kipas

Setelah itu pun teman saya pulang dan saat sore menjelang pintu gerbang menuju teater sementara pun dibuka dan saya menukarkan tiket saya setelah itu terlebih dahulu saya harus mengambil nomor Bingo, nomor bingo bisa dibilang nomor kocokan untuk menentukan siapa yang masuk terlebih dahulu, dimana saat itu saya memilih nomor 3, akan tetapi karena saya memang kurang beruntung maka pada saat itu nomor saya dipanggil cukup belakang, untung pada saat itu masih ada tempat kosong ditengah yang membuat saya menonton disana.

332009725343

Saat menunggu teater mulai sambil duduk sendiri saya memikirkan kejadian saat di tempat pembelian barang tadi, dimana saya menerima kipas langsung dari Ve dan entah kenapa hal tersebut membuat saya berpikir untuk menjadi kan Ve sebagai oshimen saya pada saat itu bukan lagi sebagai member dalam pengawasan saya seperti sebelumnya. Pertunjukan pun dimulai dan saya tahu bahwa member dalam pengawasan saya satu lagi perform pada saat itu akan tetapi mata saya hanya menunggu kedatangan Back Dancer pada unit Junjou Shugi.

Dan penantian saya pun terbayarkan ketika melihatnya tampi sebagai backdancer, pada saat itu walaupun sejenak saya merasa terlepas sejenak dari seluruh beban kehidupan saya saat itu, rasa stress tekanan tugas yang sudah menunggu dirumah dan lainnya seperti hilang dari pikiran saya untuk sejenak hingga lagu itu berakhir, setelah beberapa lagu kemudian pertunjukan pun berakhir dan sampailah dimana para penonton melakukan encore, encore pada saat itu memanggil nama Sonya yang tidak lain adalah salah satu member JKT48 yang saat itu sedang berulang tahun, para penonton bersaut-sautan memanggil namanya hingga suara musik terdengar dan keluarlah para backdancer untuk menari dalam alunan nada-nada tersebut.

Pada saat itu entah mengapa lagi-lagi saya merasa saya seperti keluar kembali dari kepenatan hidup saya, bahkan ketika Ve melakukan perkenalan dirinya mata saya tidak bisa lepas memperhatikannya, setelah itu penampilan dilanjut dengan 3 lagu disambung dengan menyanyikan lagu ulang tahun untuk Sonya pada saat itu, terakhir show disambung dengan sbuah lagu bonus yaitu kimi no koto ga sukidakara dimana lagu tersebut adalah lagu yang waktu itu dikumandangkan oleh JKT48 pada saat konser bersama AKB48 tanggal 25 Februari lalu.

Dan setelah pertunjukan berakhir pun dilanjut dengan melakukan tos, dimana saat itu saya tidak bisa berkata apa-apa kepada masing-masing member karena saya belum terbiasa pada hal itu, bahkan saya pun tambah speechless  ketika didepan Ve.

Sepulang dari sana sesampai saya diBogor saya pun langsung tidur dengan perasaan puas karena kejadian diteater tadi tanpa mengecek apapun terlebih dahulu, dan keesokan harinya saya pun sibuk mengerjakan tugas kuliah yang bertumpuk, akan tetapi saat siang menjelang entah kenapa saya berpikir untuk mengecek email dan betapa kagetnya saya ketika melihat saya mendapat verifikasi email untuk show malam pada hari itu dan ditambah lagi ternyata pada show tersebut kita dapat melakukan foto bersama, akan tetapi saya yang masih terlalu kaku dengan tugas kuliah malah berfikir untuk menolak tiket tersebut yang akhirnya mengakibatkan sebuah rasa penyesalan hingga kini.

Verif b

Kuliah

Imbas pada tanggal 18 berakibat terhadap dunia perkuliahan saya, dimana saya menyadari bahwa saya terlalu kaku dalam kuliah, saya terlalu fokus didalamnya hingga saya kurang menikmati sekitar hal tersebut terbukti ketika saya melihat IP saya semester 1 yang cukup kecil dibawah 2,5 dan saat melihat kembali kesemester 2 IP saya pun semakin mengecil, hal tersebut membuat saya berfikir bahwa ada yang salah dengan cara saya berkuliah dan pada saat itu terjadi datanglah teater dibulan Juli yang berada di teater sementara di Blok M yang mengharuskam kita mengantri untuk mendapatkan tiket pertunjukannya, dan pada saat itu membuat saya harus berangkat dari Bogor pagi sekali bersama 2 teman saya yaitu reisha dan seseorang yang saya ajak pada teater tanggal 15 Juni lalu dimana saya menontonnya karena bertepatan pada hari ulang tahun saya saat itu.

332015752576

Sesampainya saya dan teman saya di Jakarta, kami pun langsung menghampiri pasar raya blok M yang pada saat itu sudah disesaki oleh banyak orang dimana padahal pintu mallnya sendiri belum dibuka, dan saat menunggu pintu dibuka Reisha memanggil seseorang yang saya ingat sekali itu adalah salah satu orang dari beberapa orang yang ditemui Reisha dikantin pada 18 Mei lalu, akan tetapi lagi-lagi saya tidak ingin ikut campur dengan mereka hal tersebut  dikarenakan sifat saya yang sebenarnya cukup ansos .

Setelah menunggu beberapa saat pintu mall pun terbuka dan kami pun berbondong-bondong menyerbu Lift untuk menuju lantai 7 tempat teater sementara berada, pada saat itu sekitar jam 8an padahal pembelian tiket sendiri dimulai pada jam 2 siang hal tersebut pun membuat kami harus menunggu, dan ketika itu salah satu teman saya yang saya kenal dari situs blogging multiply yang sekarang telah tutup yaitu Irfan datang menghampiri saya, saya pun sebenarnya sudah tahu kalau dia beli tiket juga akan tetapi dia berangkat lebih dahulu dibandingkan kami sehingga dia mendapatkan barisan lebih depan.

Setelah penantian selama sekitar 9 Jam akhirnya kami mendapatkan tiket, dimana pada saat itu teman saya Irfan telah pulang terlebih dahulu karena dia lebih dahulu mendapatkan tiket, akhirnya kami bertiga pun memutuskan untuk pulang akan tetapi sesampainya saya distasiun Jakarta untuk bertolak pulang ke Bogor, saya menemui Irfan bersama sekerumunan orang dimana beberapa orang itu adalah orang yang mengobrol dengan Reisha pada tanggal 18 lalu dikantin, dan barulah pada saat itu saya berkenalan dengan mereka.

332015465247

Saat dikereta pun saya berbincang-bincang dengan mereka yang dimana mereka adalah orang-orang yang cukup aktif dalam berbicara dan juga konyol yang bisa membuat saya melepas penat mengantri 9 Jam hanya demi selembar tiket, disana saya pun mengeluarkan salah satu koleksi photobook saya yang akhirnya menjadi poin pengingat saya di memori mereka.

Mungkin bila ingin melihat kebelakang kenangan Teater bulan juni dan Juli bisa melihatnya di blog saya yang ini : Edge of Life

Kembali kemasalah kuliah, setelah 2 semester berlalu dan setelah teater bulan juli berlalu akhirnya saya sadari bahwa yang saya kurang pada saat itu hingga membuat nilai IP saya jelek adalah rasa santai dan menikmati perkuliahan, mungkin ada saja orang yang mampu mendapat nilai tinggi dengan mengkondisikan dirinya kaku dan serius akan tetapi ternyata saya tidak bisa, saya ternyata harus mendapatkan kondisi dimana saya bisa bersantai dan menikmati apa yang disekitar saya terlebih dahulu, entah kebetulan atau apa hal tersebut baru saya sadari ketika saya mengenal BBC yang sekarang mengganti namanya menjadi RECnMedia.

REC

Dan hal itu terbukti ketika nilai di semester 3 keluar ternyata terjadi kenaikan IP saya yang cukup drastis, walau belum mencapai 3 akan tetapi kenaikan tersebut cukup signifikan, semenjak saat itu saya pun melakukan perkuliahan dengan “cara” saya sendiri.

REC

REC ialah tidak lain singkatan dari Random Entertainment Camera, REC sendiri bisa dibilang sebuah wadah dari saya dan teman-teman saya jadi bila dibilang ini grup sepertinya bukan bahkan kalau dibilang sekte atau ordo jelas bukan…

REC01

Wadah dimana saya dan teman-teman saya bisa mengaplikasikan kreatifitas atau apapun yang kami inginkan kedalamnya lewat media Camera tentunya, akan tetapi sebelum bernama REC wadah itu memiliki nama BBC dan menurut saya BBC itu adalah sebuah Club bisa dilihat dari arti singkatan namanya yaitu BaseBall Club.

Pertemuan saya dengan mereka adalah saat kejadian antri untuk membeli tiket teater bulan Juli 2012, bila kita melihat tulisan yang telah saya tulis diatas maka sebenarnya saya dengan para anggota REC sebenarnya sudah beberapa kali bertemu akan tetapi sifat saya yang ansos yang membuat pertemuan saya dan mereka terasa hanya angin lalu.

Sebelum menjadi REC, yaitu ketika jaman BBC dimana setelah mengenal mereka melalui obrolan panjang saya dan mereka dikereta sepanjang perjalanan pulang kami keBogor Juli 2012 lalu dan setelah itu entah mengapa saya merasa nyaman berada disekitar mereka dan sesekali ikut mereka berkumpul walaupun pada saat itu saya bukan anggota dari club BBC dimana saya pun tidak berpikir untuk bergabung dengan mereka sama sekali.

BBC yang waktu itu cukup aktif didalam fanbase kota kami, dimana saya sendiri tidak mengetahui ternyata kota saya mempunyai fanbase JKT48 karena saya dulu berpikir saya melakukan dukungan terhadap idola dengan cara saya sendiri tanpa terpengaruh fanbase atau apapun, akan tetapi saat fanbase kota Bogor mengadakan sebuah acara buka bersama dan gathering pertamanya pada tanggal 04 Agustus 2012 entah kenapa saya tertarik untuk ikut karena BBC ada disana, oh iya saya belum bilang bahwa Reisha teman saya dari SMA juga adalah anggota club dari BBC hal tersebut jugalah yang membuat saya dan BBC menjadi mudah akrab.

Setelah berbuka puasa dan mengadakan acara lain, akhirnya para anggota fanbase membuat video ucapan kepada masing-masing oshimennya, disitu ada salah satu anggota member BBC yang memiliki oshimen yang sama dengan saya yaitu Ve, dimana dia pada saat itu bertugas sebagai kameramen untuk pembuatan video tersebut oleh karena itu saya ditunjuk olehnya untuk membuat konsep saat video ucapan untuk Ve akan tetapi malah berakhir dengan ucapan bebas, oh iya saya belum memperkenalkan dia adalah salah satu anggota BBC yang tinggal dekat dengan perbatasan Sukabumi dan juga Bogor, dia memiliki panggilan Pangeran Cigombong karena asal daerahnya dari Cigombong akan tetapi dia memiliki nasib yang cukup sial sepanjang pertunjukan setlist Pajama Drive hingga akhirnya berganti menjadi setlist Renai Kinshi Jourei, berapa kali pun dia mencoba apply tiket bahkan hingga WL dia belum pernah sekalipun melihat pertunjukan dimana oshimen kami yaitu Ve bernyanyi lagu Temo Demo no Namida padahal dia sudah mengikuti Ve semenjak teater pertama di nyi Ageng, kita sebut saja namanya Alvian.

gath

bila melihat orang disebelah kiri adalah Alvian dan disebelah kanan adalah saya sedang memegang lightstick

Semenjak kejadian bulan puasa saat itu saya dan anggota dari BBC pun semakin dekat, dimana setelah puasa saya dan mereka sering berkumpul bersama disebuah tempat makan kecil bernama “Berkah” yang berada didaerah Malabar di Kota Bogor, kami juga suka berkumpul di taman koleksi milik kampus IPB padahal kami tidak berkuliah disana, setelah itu akhirnya Teater permanen pun dibuka akan tetapi entah saya dan anggota BBC sedang sial atau bagaimana hanya satu dari anggota BBC yang dapat tiket yaitu Fauzi atau sering dipanggil Otong, Otong sendiri sebelumnya sudah bebrapa kali mendapatkan tiket karena statusnya sendiri sudah OFC berbeda dengan saya dan anggota member BBC yang masih mengharapkan general, akhirnya setelah teater permanen berjalan beberapa hari walau tanpa tiket kami memutuskan menonton pertunjukan teater dengan cara WL pada Teater pada tanggal 12 September 2012 tersebut.

333105180138

Setelah usaha keras berangkat dari pagi dari Bogor dan mengantri dengan tenang penuh pengharapan akhirnya kami pun masuk dengan tiket WaitingList, akan tetapi betapa sialnya saya mendapat tempat kursi pertama tepat dibelakang tiang teater berada sedangkan teman saya yang lain menonton lebih belakang, sehingga membuat pandangan saya keteater agak terganggu, akan tetapi karena ada 2 anggota BBC lain menemani disebelah saya walau mereka tidak terhalang tiang saya pun jadi bisa bersenda gurau menikmati teater dengan lepas, 2 anggota itu adalah Alvian yang sudah saya ceritakan diatas dan seorang anggota lain yang berbadan sangatlah besar yang sekarang sedang menjajaki dunia stand-up comedy yaitu Agyl.

Entah mungkin karena keasyikan atau karena saya terlalu menikmati teater membuat saya sedikit tidak sadar sedang ditangkap oleh kamera dari teater, hasil dari foto kamera itu pun menghiasi website dari official JKT48 akan tetapi sayang sekali saya baru menyadarinya sekarang , yang tertangkap kamer tersebut adalah saya, Alvian dan juga Agyl, bila ingin melihat halaman official silahkan tengok ke link ini : JKT48 Theater

332007116363

Bila melihat gambarnya baik-baik orang yang memakai  Lightstick berwarna Merah dan Biru dan membentuk huruf V itu adalah saya, dan disebelahnya adalah Alvian dan disebelahnya lagi ada Agyl.

Setelah itupun kami sering berkumpul dan berpikir untuk iseng-iseng membuat film dan saat itulah nama BBC pun berubah menjadi REC akan tetapi awalnya dasar REC pun masih sebuah Club, dan untuk mengasah kemampuan kamipun mengawalinya dengan membuat video ucapan untuk seorang member JKT48 bernama Stella pada awalnya, dan akhirnya kami pun sukses membuatnya.

Untitled

Bila melihat disana dari kiri ada anggota REC bernama Abud (Aditya Budiman), Luthfi, saya yaitu Tri, Harris dan yang menutupi wajahnya Baim.

Gambar diatas adalah SS dari salah satu adegan divideo ulang tahun dari Stella, setelah itu pun kami membuat video demi video lain bukan hanya video ulang tahun member akan tetapi video-video dengan genre lain, Video ulang tahun member rata-rata kami upload di akun Youtube milik REC di : REC’s Youtube , tidak seperti video buatan kami lainnya yang rata-rata hanya menjadi bahan dokumentasi saja dan menjadi konsumsi pribadi.

BANG

Gambar ini adalah SS dari adegan video Ulang Tahun Kinal dimana dari sebelah kiri ada Dhani, Ditengah adalah Saya, dan paling kanan adalah orang yang menjadi Yamapi KW yaitu Zulfi

syuting

Foto ini diambil disela-sela syuting kami yang temanya action pada sebuah gedung tua, akan tetapi belum kami rilis sekalipun videonya di public, bila melihat kesebelah kiri ada saya sedang memegang shotgun.

REC pun pernah iseng-iseng membuat video untuk acara white date pocari dimana salah satu anggota REC memenangkannya (Tips PDKT), dimana tiap anggota membuat video mereka satu persatu akan tetapi video saya yang sangatlah sederhana kalah bila ingin melihatnya silahkan klik link ini  :Tips PDKT ala Tri.

~-~

Dengan setahunnya tanggal 18 Mei ini pun menunjukan sudah dekatnya 1 tahun lahirnya REC atau BBC yakni pada tanggal 25 Mei mendatang, kebersamaan dengan mereka hampir setahun ini pun meninggalkan memori tersendiri diotak saya dan saya juga bersyukur telah bersama mereka selama ini.

Dengan begini saya akhiri blog saya dalam mengenang 1 tahun kejadian 18 Mei 2012 bila ditanya apa 1 tahun yang lalu berkesan tentu berkesan, dan banyak hal yang kini telah hilang juga dari setahun yang lalu salah satunya daya nyala dari LightStick saya yang sudah menemani saya lebih dari setahun dan sering membantu saya dikala mati listrik atau disaat genting lain, tentu jasa Lightstick itu tidak akan saya lupakan

ls

Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih juga kepada Jaket hitam saya yang menemani saya dikala menonton sendiri setahun yang lalu, dan setia menemani saya dari saat saya SMA dikala hujan turun atau panas melanda, walaupun sekarang jaket itu jarang saya pakai karena sablon belakang pada jaket tersebut sudah mulai mudah terkelupas dan ambiguitas pada logo jaket tersebut yang sering membuat orang bertanya-tanya.

jaket

Dan terakhir saya lagi-lagi berterima kasih terhadap REC yang telah memberi kenangan baik dan membuat saya menjadi pemuda yang sedikit lebih kreatif, REC kalian memang luar biasa dan sangat mager sekaligus kreatif semoga hubungan baik  dan kekreatifan kalian ini dipertahankan, walaupun pada saat ini karena kesibukan masing-masing kami jadi kurang produktif dalam membuat film lagi akan tetapi semoga kami dapat kembali seperti sedia kala dan sering membuat film lagi.

Terima kasih telah membaca blog saya yang cukup panjang dari awal hingga akhir, maaf bila ada penggunaan kata yang salah dalam blog ini m(_ _)m. Saya sekarang undur diri dulu dan sampai bertemu diblog saya selanjutnya ^^/

Credit Photo: RECnMedia Gallery.

Leave a Reply

