Malas

Entah berawal saat kapan perasaan itu muncul, tapi kebiasaan itu mulai sering muncul dan terasa dibenaku. Berawal dari pertama aku mengetahuinya mungkin disaat itu pula aku menyadari terjadi suatu gejolak aneh pada pemikiranku, pada saat awal merasakan hal tersebut dibenaku aku pun berkata pada diri sendiri.

“Pikiran macam apa sebenarnya ini, Tri ?”

“Apa yang sebenarnya kurasakan saat ini ?”

“Perasaan merasa tertantang, atau malah Psikologiku sendiri terganggu pada saat ini ?”

Pertanyaan demi pertanyaan semakin memenuhi kepalaku hingga pada akhirnya secarik bacaan yang tidak lain adalah tugas bacaan yang diberikan dosen bahasa inggris. “Proscrastination” atau dalam bahasa indonesia serapan sering dibilang proskrastinasi, itulah perasaan yang sering muncul dibenaku perasaan dimana aku mendapat sebuah beban untuk memilih sebuah pilihan, akan tetapi pilihan tersebut bila dilihat oleh orang luar sebenarnya adalah pilihan yang mudah akan tetapi entah mengapa pikiran dan hati ini sulit untuk memilih.

Pada suatu malam kurasakan perasaan tersebut muncul dimana pada saat itu aku sedang mendengarkan lagu dan mengerjakan sesuatu di Laptopku, dan disaat hal tersebut muncul tiba-tiba saja jantungku berdebar-debar mengikuti alunan nada lagu cepat yang kudengar dilaptop. Entah apa yang kupikirkan pada saat itu tapi perasaan tertantang muncul dan saat jantungku berdebar makin kencang seperti sebuah bel yang menunjukan ada tantangan baru didepan mataku, akan tetapi disisi lain aku merasa khawatir dan merasa cukup tertekan oleh perasaan seperti itu.

***

Proscrastination atau proskrastinasi adalah sebuah kelainan psikologi dimana orang akan lebih mendahulukan tugas terendah dahulu daripada tugas yang lebih penting. Jadi bisa dibilang bahwa hal tersebut adalah pemikiran dimana kita memilih mengerjakan tugas pada saat-saat terakhir dibandingkan memulainya lebih awal, hal tersebut juga membuat kerja otak dan pemikiran kita lebih cepat dari biasanya karena keterpojokan kita akan waktu dan deadline didepan mata.

Pada dasarnya Proskrastinasi membuat diri kita lebih cerdas dan rajin dalam waktu singkat tapi hal tersebut tumbuh dari rasa malas, sehingga sebaiknya hal tersebut jangan dipelihara karena bila semakin parah maka kita akan melakukan segala hal secara bertumpuk dan akan mendapatkan moment dimana kita tidak bisa menghandlenya. Dan kita pun semakin tidak bisa dengan yang namanya mengatur waktu dan rasa menghargai kita akan waktu pun menghilang.

Proskrastinasi biasanya muncul karena kebiasaan kita dalam mengerjakan tugas kita pada dulu kita sekolah dimana kita mengerjakan tugas mendekati waktu mengumpulkannya seperti mengerjakan tugas dengan teknik SKS (Sistem Kebut Sejam), hal tersebut tidak bisa diimplementasikan kemedan pekerjaan atau kemasa-masa dimana tugas diberi bertubi-tubi oleh guru ataupun dosen, jika pada area sekolah atau kuliah pemikiran proskrastinasi kita meradang dan menjadi parah makan yang akan terjadi adalah tugas yang tidak selesai atau kita menyerah ditengah jalan saat sedang mengerjakan tugas atau lebih parah lagi kita akan merasakan selalu sulit dalam mengerjakan tugas dengan kesulitan apapun. Berbeda dengan lingkungan kerja dimana pemikiran proskrastinasi ini akan membuat pekerjaan menumpuk dan atasan tidak puas akan kinerja kerja kita yang harus selalu dicambuk agar pekerjaan selesai, bahkan bila pemikiran prooskrastinasi kita semakin parah akan menyebabkan kerugian kepada diri kita sendiri yaitu hilangnya pekerjaan kita dari suatu perusahaan atau dipecat.

***

Pada moment dimana aku sudah menulis hingga paragraf ini maka pemikiranku menjadi jernih dan bening, dimana aku harus sadar untuk lebih menghargai waktu apalagi diriku yang sekarang adalah dalam masa pertumbuhan dan baru kuliah hingga semester 3. Dimana pada setiap waktu aku mendekati masa dewasa, maka pada saat itu pula orang tuaku dan orang-orang disekitarku yang kusayangi semakin tua, maka dari itu aku harus lebih menghargai waktu dari sekarang agar orang tuaku dapat melihat jerih payah mereka membesarkanku dan akupun dapat menunjukan buah kesuksesaku kepada mereka =’]

Blog yang entah isinya campur-campur seperti diatas itu saya terpikirkan disaat saya tidak masuk kuliah pada hari ini, dan pada saat itu pula saya ingat beberapa hari lalu saya sudah menyelesaikan suatu tugas kelompok tapi saya merasa malas untuk mengirimkannya pada teman saya hingga pada akhirnya saya kirim pada jam 1 pagi, padahal tugas tersebut sudah saya jelaskan dari sekitar jam 8 malam, dan pada saat itu pula saya berpikir bahwa saya proscrastinator atau orang yang memiliki pemikiran proskrastinasi. Semoga kedepannya saya akan lebih menghargai setiap detik dan helaan nafas yang saya lalui pada hidup ini.

Sekian dulu blog setengah serius dari saya, hehehe…   

semoga yang membaca blog saya semakin merasakan keanehan pada blog saya ini dan semakin ingin kembali baca dan menunggu update blog saya ini  XD

Sampai jumpa diblog saya selanjutnya   

Leave a Reply

