Detective Conan Drama Special

Belum lama ini saya tertarik dengan lagu-lagu dari anime Detective Conan, dan saat sedang mencari lagu-lagunya saya mendapatkanlah informasi tentang 3 special drama live-action dari seriemanga dan anime Detective Conan, karena saya dulu pernah menonton drama special yang pertama saya pun tertarik untuk menonton sisanya, dan tak lupa mendownload drama yang pertamanya untuk menyegarkan ingatan saya, okey jadi pada blog saya ini saya akan mereview ketiga drama ini sekaligus urut dari drama special yang pertama.

I.Meitantei Conan: Kudo Shinichi he no Chosenjo

Drama Special yang ditayangkan pada tahun 2006 ini, bercerita tentang Prequel dari cerita Detective Conan, jadi wajar saja bila disini sosok Conan sendiri tidak ditampilkan, walaupun judulnya sudah jelas ‘Detective Conan Drama Special’.  Pada Drama ini hanya ditamilkan 5 karakter asli dari manga dan animenya, yaitu Shinichi Kudou yang tidak lain adalah sosok asli dari Edogawa Conan yang dibuat menyusut oleh Black Organization, karakternya sendiri diperankan oleh Shun Oguri, sisanya adalah karakter seperti teman tapi mesranya Ran Mouri(Kurokawa Tomoka), temannya Ran yaitu Suzuki Sonoko(IwasaMayuko), Ayahnya Ran yaituKogoro Mouri(Jinnei Takanori), dan Inspektur Megure(Nishimura Masahiko), kalau menurut Rating sandiri drama ini tidak terlalu buruk dan terhitung cukup tinggi yaitu 13, dan drama ini sendiri adalah peringatan dari 10 tahunnya dari Detective Conan.

Kudou Shinichi seorang Detective SMU, yang terampil untuk memecahkan berbagai kasus tiba-tiba saja menerima tantangan dari seseorang yang mengaku sebagai KIDNAPPER yang bermaksud menculik teman Shinichi saat liburan sekolahnya dengan kapal laut.

Kejadian-kejadian yang dilakukan oleh KIDNAPPER yang membuat pusing Shinichi karena menculik Sonoko, belum selesai misteri penculikan Sonoka langsung saja Ran pun diculik dan tanpa berlama-lama Shinichi pun cepat-cepat memeras otaknya hingga sebuah telpon mengatakan bahwa tempat kedua temannya yang diculik itu akan dibom dan diledakan pada malam hari.

Trik pembunuhan yang ditampilkan disini tergolong lumayan mudah, tapi yang jadi pertanyaan bagaimana itu si pelaku bisa punya pistol, bomb, sama alat selam. Padahal pada dasarnya dia hanya seorang kekasih yang kesepian ditinggalkan oleh orang yang Shinichi jebloskan kepenjara, dan mati didalam penjara, dan penjahatnya pun mudah ketahuan karena namanya kalau dibalik jadi I AM.

Salah satu yang menarik dari Drama ini adalah kemunculan sosok yang terbang dengan gantole, yang saya anggap dia adalah Kaito Kid karena gantolenya yang berwarna putih terkena cahaya bulan. Dan bila kita lihat kemiripan para pemain dengan Anime dan Manganya saya rasa cukup mirip, akan tetapi yang kurang dari Drama ini adalah sentuhan Dramanya sendiri  padahal sudah jelas judulnya drama special.

Saya Rasa cukup untuk Review Drama pertama ini, dan bila anda suka menonton drama dengan tema mistei atau anda pecinta detective conan, tidak ada salahnya menonton drama ini yang terhitung cukup bagus, dan saya akan langsung lanjutkan ke drama kedua.

II. Kudo Shinichi no Fukkatsu! Kuro no Soshiki to no Taiketsu

Drama Special ini rilis pada tahun 2007, Drama ini adalah cerita sampingan dari cerita utama Detective Conan berbeda dengan seri sebelumnya yang hanya berupa prequel, oleh karena itu jangan kaget bila disini disuguhkan dengan kemunculan 2 pasangan Black Organization yaitu Gin dan Vodka, dan juga kemunculan Sherry atau Shiho Miyano, dan tentu saja pemeran utamanya yaitu Detective Conan yang tampil hanya sebentar karena judulnya saja sudah jelas yaitu Kudou Shinichi Return.

Pada Drama ini tidak ada pemeran yang diganti atau dihilangkan tapi banyak pemeran tambahan seperti Prof. Agasa, Ai Haibara, Conan Edogawa, Gin dan juga Vodka. Menurut Rating sendiri yang terlihat agak turun dari seri sebelumnya yaitu 11.9, bila dilihat dari waktu yang berlangsung maka cerita ini berlangsung pada season 16 animenya.

Conan Edogawa yang memiliki identitas asli yaitu Kudou Shinichi, diundang dalam sebuah acara pemilihan Miss Japanessque, dan sang juara acara tersebut mendapat suatu surat ancaman pembunuhan. Ditempat lain yaitu dapur ada seorang koki dengan ceroboh memakai liquor berlebihan dalam kuenya, dan benar saja saat Ai dan Conan memakan kue itu mereka kembali ke wujud asli mereka yaitu Shinichi Kudou dan Shiho Miyano, sama seperti mereka saat meminum Baikal untuk pertama kali, dan tentu saja efeknya hanya sementara.

Shinichi yang tertarik akan kasus surat ancaman berusaha untuk  memecahkan kasus sambil menyembunyikan dirinya dan diri Shiho atau Sherry, akan tetapi Sherry yang ingin mendapatkan resep darikue itu ceroboh dan tertangkap kamera berita yang sedang Live, dan jejaknya pun tercium oleh Black Organization. Ran yang mengetahui Kudou kembali merasa senang tapi kesenangannya agak memudar saat melihat dia bersama Shiho, dan setuntasnya kasus Kudou dan Sherry merasa tubuhnya akan kembali menjadi anak kecil lagi, akan tetapi mereka berdua yang merasakan kehadiran Gin dan Vodka jadi panik, tapi akhirnya Kudou menjadikan dirinya sebagai pancingan agar Sherry dapat kabur bersama Ran.

Entah mengapa saya kurang suka dengan pemeran Conan, mungkin karena saya punya pandangan tinggi terhadap Conan jadi saat melihat pemerannya itu saya cukup kecewa, tapilari dari itu semua drama ini cukup bagus dengan menampilkan 2 anggota Black Organization yaitu Gin dan Vodka, dan memang kebetulan saya lebih suka live-action drama yang memiliki cerita aktual seperti ini bukan prequel, dari sisi akting sendiri semuanya sudah bagus kecuali pemeran Conan dan Ai yang dikarenakn mereka masih anak kecil, dan suara keduanya di dub dengan suara pemeran animenya, Gin dan Vodka pun memiliki akting yang sama seperti di anime kecuali wajahnya Gin mungkin yah masih agak kurang pas.

Terlepas dari beberapa pemeran  yang sedikit kurang cocok, drama ini cukup baik dikarenakanmunculnya adegan drama seperti Ran dan Shinichi yang pelukan di Lift, dan terlihatnya cinta segitiga antara shinichi, ran dan Sherry, karena memang bila dilihat Ai dan Conan itu cukup dekat pada Manga dan Animenya, dan entah kenapa dari 3 drama ini saya lebih menyukai drama yang ini karena drama ini bukan cerita prequel yang sebenarnya tidak perlu diceritakan, dan bila anda penyuka drama action dan misteri maka saya rekomendasikan untuk menonton ini, karena memang kebetulan drama ini cukup baik dan bagus.

Sekian untuk drama kedua, dan saya akan lanjutan kedrama ketiga yang lagi-lagi prequel dari cerita manga dan animenya.

III. Kudo Shinichi e no Chousenjou~Kaichou Densetsu no Nazo~

Setelah 4 tahun berlalu tanpa ada drama special dari Detective Conan, pada tahun 2011 keluarlah drama ini yang terjadi 100 hari sebelum Shinchi berubah jadi Conan dan sekitar 3 bulan sebelum Drama yang pertama, dan karakter dari manga dan anime yang muncul dilive action ini pun dikurangi dan ditambahkan ibunya Ran dalam cerita ini. 3 pemeran dalam drama ini pun diganti yaitu Ran yang diganti oleh Kutsuna Shiori, yang belum lama ini bermain difilm live action manga dan anime Beck. Sang pemeran utama Shinichi diganti oleh Mizobata Junpei, yang tidak lain adalah pemain dalam Hana Kimi dimana Shun Oguri juga bermain disana bertepatan pada saat Drama kedua Detective Conan berlangsung. Shabat Ran Mouri alias Sonoko Suzuki pun diganti oleh Akimoto Sayaka,yang tidak lain adalah anggota tim K dari grup AKB48.

100 hari sebelum mengecilnya tubuhnya Shinichi Kudou menjadi Conan Edogawa, Shinichi mengunjungi sebuah desa terpencil yang memiliki legenda burung pembunuh Otori yang menyangkut tubuh manusia kepatung pohon pemujaan. Shinichi Kudou yang merasa janggal karena merasa ada yang disembunyikan oleh penduduk desa, oleh karena rasa penasaran tersebut maka Shinichi tertantang untuk memecahkan kasus pembunuhan tersebut.

Sebelum Shinichi berhasil memecahkan kasus tersebut, pembunuhan demi pembunuhan kerap terjadi dengan hal-hal janggal yang tidak terpikirkan, bahkan kedatangan Detective Kogoro pun tidak mempermudah masalah ini cepat selesai. Sebuah rahasia terbongkar dan trik pembunuhan pun terungkap, dendam dari masa lalu pun menjadi jawaban pembunuhan-pembunuhan yang terjadi didrama ini.

Setelah menonton Drama terbaru keluaran 2011 ini berulang-ulang, saya makin merasa banyak hal-hal yang kurang dan janggal dariDrama live Action ini, seperti pemeran Shinichi yang ekspresinya kurang pada saat berpikir serius, padahal menurut saya pemain yang lain bermain cukup baik. Dan beberapa hal lain adalah yaitu:

  1. Munculnya Eri ( ibunya Ran) dalam drama ini, padahal bila mengikuti manga atau animenya, diceritakan bahwa Shinichi sudah 10 tahun tidak bertemu Eri.
  2. Terlemparnya mayat pada patung yang janggal malah ke samping kanan patung bukan ke bagian terdepan patung, padahal hembusan udara cuma menerbangkannya kedepan bukan kearah lain.
  3. Efek berlebihan pada ending, dengan munculnya cahaya-cahaya dan juga burung-burung yang berkumpul membentuk Otori.
  4. Air yang mengering disumur bukannya mengalir kearah patung, walaupun berlaku hukum pascal tapi hukum Kapilaritas juga tak boleh dilupakan karena lubang tersebut harusnya terkena air juga dan mengalir kesisi lain.
  5. Boneka buatan Shinichi yang bisa ngepas menusuk kepatung, padahal seharusnya tidak bisa karena bila mengingat  sifat boneka yang ringan dan lembut, jadinya seharusnya tidak menusuk sama sekali itu boneka buatan Shinchi.

Drama ketiga ini akan dilanjutkan dengan serial drama yang berlangsung setelah hari kejadian di Drama ketiga pada 7 July nanti dengan pemain yang sama seperti drama ketiga tentunya. jadi yang menungu lanjutan dari drama ini tanang saja karena serialnya akan dibuat.

sekian Review dari saya bila ada kekurangan mohon maaf karena ini semua asli hasil komentar saya sendiri jadi wajarlah bila ada kekurangan, Terima Kasih.

Advertisements

2 thoughts on “Detective Conan Drama Special

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s